Sejarah Bendera Putih Tanda Menyerah



Simbol bendera putih merupakan sebagai tanda menyerah. Hal ini  sebenarnya sudah berlaku sejak jaman dulu pada bangsa China dan Romawi. Bukti tertua mengenai  penggunaan tanda ini, dijelaskan pada era dinasti Han Timur pada tahun sekitar 25 sampai 220 masehi. Lalu pada buku yang berjudul Histories pada tahun 109, penulis Cornelius Tacitus menjelaskan penggunaan bendera putih. Cornelius merujuk pada pertempuran Cremona yang terjadi antara bangsa vespasia dan Vitellia. Pada peperangan itu warna putih digunakan sebagai symbol untuk menyerah bagi prajurit dikala itu.



Berbagai macam ahli sejarah mempercayai bahwa warna putih digunakan dikarenakan merupakan sesuatu  mudah didapatkan  dan dikenali dalam kondisi peperangan.. Di budaya Timur, dalam penggunaan bendera putih memiliki alasan yang sedikit berbeda.  Pada budaya china, Warna putih merupakan sebagai tanda lambang duka dan kematian yang dialami oleh mereka dalam kekalahan. Selain itu bendera putih bukan hanya sebagai tanda menyerah juga merupakan  sebagai tanda gencatan senjata serta ajakan untuk negosiasi di dalam peperangan dan sering digunakan petugas kesehatan dalam mengangkut orang-orang yang terluka.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar